4 Aplikasi Untuk Fotografer Landscape

4 Aplikasi yang Berguna Untuk Fotografer Landscape
Kalau hobi memotret pemandangan dan alam bebas (memburu sunset dan sunrise – memburu cahaya emas di puncak gunung dan pantai), kita tidak bisa hanya bergantung pada faktor keberuntungan. Perencanaan yang baik, teliti dan akurat seringkali menjadi faktor penentu.

Percuma kan kalau sudah capek mendaki bukit untuk mengejar sunset tapi ternyata di bukit tersebut matahari akan terhalang bukit yang lebih tinggi di depannya?!

Berikut ini 4 aplikasi smartphone android dan ios yang bisa kamu gunakan :

1. The Photographers Ephemeris (TPE). App ini adalah salah satu yang paling populer di kalangan fotografer. Dengan TPE kita bisa mengetahui bagaimana sinar matahari/bulan akan jatuh di posisi spesifik (misal: candi borobudur) pada jam yang spesifik (jam 07.00) dan tanggal tertentu (15 Mei 2016).

2. Pashadelic. Pashadelic sebenarnya mirip dengan TPE di atas, ada fitur untuk melihat posisi matahari dan arah sinarnya pada lokasi dan waktu yang kit apilih, meskipun dalam versi yang lebih simpel dan tidak selengkap TPE. Tapi kelebihan Pashadelic adalah kita tidak perlu membayar untuk menggunakan app ini. Kita harus bergabung menjadi member Pashadelic, karena ia mengandalkan komunitas yang saling berbagi lokasi foto untuk mendapatkan referensi spot foto landscape yang keren di wilayah masing-masing.

3. Sun Seeker. Sun Seeker adalah salah satu app favorit karena mudah dipakai dan cukup canggih, bukan hanya bagi fotografer landscape namun juga bagi mereka yang ingin mengetahui posisi matahari di suatu lokasi dengan akurasi tinggi. Daya tarik utama Sun Seeker adalah fitur augmented reality 3D, cukup buka app di tempat anda berdiri maka dengan menggunakan kamera belakang smartphone ia akan menunjukkan di sebelah mana matahari berada dan jalur yang akan dilewati matahari sepanjang hari, lengkap dengan garis-garis ilustrasinya.

4. SkySafari. Kalau anda gemar memotret konstelasi bintang, galaksi (astofotografi) menggunakan lensa standar maupun lensa teleskop, maka app SkySafari ini adalah salah satu yang terbaik dalam membantu menemukan objek yang dicari.

SkySfari memberi kita akses pada posisi 119 ribu bintang dan 220 galaksi serta posisi semua planet, komet dan bulan di sistem tata surya kita menggunakan data dari NASA. Dengan menggunakan GPS smartphone, SkySfari akan menunjukkan di mana posisi bintang, galaksi dan benda langit lainnya serta membantu mengidentifikasi mereka dengan lebih mudah dan cepat,
Newest
Previous
Next Post »